Selasa, 03 Juni 2014

Sleman-Jogja BERGEMURUH... ada apa Polri seolah terdiam, yang kita tau pasukan ber-Densus 88, bukan pasukan ber-Gamis

Situasi Kamtibmas Kian Memanas IPW Desak Mabes Polri Maksimalkan Intelijen


Situasi Kamtibmas Kian Memanas IPW Desak Mabes Polri Maksimalkan Intelijen
Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane

Indonesia Police Watch, meminta Mabes Polri untuk memaksimalkan jajaran intelijen dan babinkamtibmas jelang Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang.
Hal ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini maupun antisipasi dini terhadap ancaman serta potensi konflik di tengah-tengah masyarakat. Selain itu polsek, polres, dan polda diwajibkan bersikap cepat dan tegas dalam mengatasi konflik yang terjadi menjelang Pilpres 2014.

Indonesia Police Watch (IPW) menilai, 40 hari menjelang Pilpres 2014, situasi dan kondisi di masyarakat kian 
terbelah di antara dua pasangan capres dan cawapres, Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta. Eskalasi sosial politik 
menjelang Pilpres 2014 terlihat lebih panas ketimbang pilpres-pilpres sebelumnya. Hal ini disebabkan hanya ada dua 
pasangan calon.
"Sehingga "perang terbukanya" lebih nyata dan tajam. Dalam kondisi seperti ini Polri perlu membuat atau mengupdate 
peta situasi kamtibmas teraktual. Sehingga Polri bisa memetakan daerah-daerah potensial terhadap ancaman kamtibmas maupun ancaman konflik sosial menjelang maupun sesudah Pilpres 2014," Ketua Presidium IPW, ungkap Neta S Pane dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Jumat (30/5/2014).

Potensi ancaman konflik sosial yang sudah terlihat belakangan ini terjadi di ibukota Jakarta dan Jogjakarta. Di Jakarta, Posko Relawan Jokowi-JK di Setiabudi dan baliho bergambar Megawati di Duri Pulo dibakar orang tak dikenal, beberapa hari lalu. 

Di Jogja, aksi demo mahasiswa menentang pencalonan Prabowo-Hatta berlangsung ricuh dan Kamis (29/5/2014) malam rumah pimpinan Relawan Jokowi-JK Jogjakarta Julius Felicianus diserang orang tak dikenal. Julius sendiri luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

"IPW melihat sejumlah daerah mulai menunjukkan suhu politiknya meninggi, yakni Aceh, Sumut, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jogja, Jateng, Jatim, Sulsel, Sulteng, NTB, Kalbar, dan Papua. Apa yang terjadi di Jakarta dan Jogja adalah bibit-bibit konflik dan gambaran bahwa Pilpres 2014 akan panas dengan konflik-konflik horizontal antar pendukung capres," ungkap Neta S Pane.

http://www.tribunnews.com/pemilu-2014/2014/05/30/situasi-kamtibmas-kian-memanas-ipw-desak-mabes-polri-maksimalkan-intelijen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar