Selasa, 18 Februari 2014

POLDA METRO JAYA BERI KETERANGAN FUNGSI BABINKAMTIBMAS


Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto

"Kapolda (Irjen Pol Putut Eko Bayuseno) memerintahkan bersama warga untuk berkunjung dan mendata tempat-tempat  yang ada ditengah-tengah warga," urainya.

Kabid Humas Kombes Pol Rikwanto menjelaskan, bahwa door to door system (DTDS) hingga saat ini masih berjalan. Babinkamtibmas ditargetkan untuk menyambangi minimal 5 kepala keluarga (KK) di lingkungannya.

Dari hasil evaluasi sementara, pihaknya menilai bahwa masyarakat masih melihat program ini sebagai program satu arah. Masyarakat juga kurang memberikan feedback dan cenderung pasif.
Dan belum menyadari pentingnya kepedulian dengan mendata penghuni kontrakan yang ada, seperti contoh-para pelaku terorisme yang disergap di satu wilayah, pemilik hanya terima uang, namun tidak mendata siapa mereka. Ini menjadi tantangan bagi para Bhabinkamtibmas untuk bisa lebih meyakinkan masyarakat (agar lebih aktif lagi)," paparnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, dalam pelaksanaan tugas Babinkamtibmas, pihaknya telah mengimbau camat dan lurah serta masyarakat lainnya terkait ancaman teroris dan antisipasi teroris di sekitar.

"Ini sudah disampaikan ditambah dengan stiker nomor telepon polisi yang mudah dihubungi," ucapnya.

Program DTDS merupakan stimulus Polri agar masyarakat bisa lebih komunikatif dan tidak takut. Masukan-masukan dari masyarakat akan perkembangan situasi di lingkungannya, kata dia, sangat berarti bagi pihak kepolisian untuk melakukan upaya deteksi dini.
"Input masyarakat yang aktif dibutuhkan sebagai deteksi dini yang sangat berguna untuk antispasi awal," katanya.
=================
Diposting oleh : TJ17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar